Sejarah Kerajaan Majapahit: Pembentukan Kerajaan Hingga Keruntuhannya

Sejarah Kerajaan Majapahit: Pembentukan Kerajaan Hingga Keruntuhannya
Majapahit adalah sebuah kerajaan yang berbasis di Jawa Timur, Indonesia, yang didirikan dari sekitar tahun 1293 hingga 1500 M. Kerajaan ini mencapai puncaknya menjadi kerajaan yang mengendalikan wilayah besar Nusantara pada masa pemerintahan Hayam Wuruk, yang memerintah dari tahun 1350 hingga 1389 M.

Kerajaan Majapahit adalah kerajaan Hindu-Buddha terakhir yang memerintah di kepulauan ini dan dianggap sebagai salah satu negara terbesar dalam sejarah Indonesia. Kekuasaannya membentang di Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, hingga Indonesia bagian timur, walaupun demikian wilayah kerajaan ini sampai saat ini masih diperdebatkan.

Penulisan sejarah


Pararaton ('Kitab Raja') dalam bahasa Kawi dan Nagarakertagama dalam bahasa Jawa Kuno. Pararaton terutama menceritakan Ken Arok (pendiri Kerajaan Singhasari) tetapi juga berisi beberapa bagian singkat tentang pembentukan Majapahit. Sementara itu, Nagarakertagama adalah puisi Jawa Kuno yang ditulis pada zaman keemasan Majapahit di bawah pemerintahan Hayam Wuruk. Selain itu, ada beberapa prasasti dalam bahasa Jawa Kuno dan catatan sejarah dari Cina dan negara lain. Keakuratan semua teks Jawa yang disebutkan ini masih dipertentangkan.

Pembentukan Majapahit


Sebelum berdirinya Majapahit, Singhasari telah menjadi kerajaan paling kuat di Jawa. Ini menjadi perhatian Kublai Khan, penguasa Dinasti Yuan di Cina. Dia mengirim seorang utusan bernama Meng Chi ke Singhasari yang menuntut upeti. Kertanagara, penguasa terakhir kerajaan Singhasari menolak untuk membayar upeti dan menghina utusan itu dengan merusak wajahnya dan memotong telinganya. Kublai Khan marah dan kemudian mengirim ekspedisi besar ke Jawa pada 1293.

Pada waktu itu, Jayakatwang, Adipati Kediri, telah menggulingkan dan membunuh Kertanegara. Atas saran Aria Wiraraja, Jayakatwang memberikan pengampunan kepada Raden Wijaya, menantu Kertanegara, yang datang untuk menyerah. Kemudian, Wiraraja mengirim utusan ke Daha, yang membawa surat berisi pernyataan itu, Raden Wijaya menyerah dan ingin melayani Jayakatwang. Tanggapan dari surat di atas disambut. Raden Wijaya kemudian diberi hutan Tarik. Dia membuka hutan dan membangun desa baru. Desa itu bernama Majapahit, yang namanya diambil dari buah maja, dan rasa "pahit" dari buah itu. Ketika pasukan Mongol tiba, Wijaya bersekutu dengan Mongol untuk melawan Jayakatwang. Setelah berhasil menggulingkan Jayakatwang, Raden Wijaya berbalik untuk menyerang sekutu Mongolnya, memaksa mereka untuk mengambil pasukan mereka kembali dengan hiruk-pikuk karena mereka berada di tanah asing.

Itu juga merupakan kesempatan terakhir mereka untuk menangkap angin musim untuk pulang, atau mereka harus menunggu enam bulan lagi di pulau asing.

Tanggal pasti yang digunakan sebagai tanggal kelahiran kerajaan Majapahit adalah hari penobatan Raden Wijaya sebagai raja, yaitu tanggal 15 Kartika pada tahun 1215 Saka yang bertepatan dengan 10 November 1293. Ia dinamai dengan nama resmi Kertarajasa Jayawardhana. Pada saat berdirinya, kerajaan ini menghadapi masalah. Beberapa orang yang dipercaya Kertarajasa, termasuk Ranggalawe, Sora, dan Nambi memberontak melawannya, meskipun pemberontakan itu tidak berhasil. Pemberontakan Ranggalawe didukung oleh Panji Mahajaya, Ra Arya Sidi, Ra Jaran Waha, Ra Lintang, Ra Tosan, Ra Gelatik, dan Ra Tati. Semua ini disebutkan dalam Pararaton. Slamet Muljana menduga bahwa Mahapatih Halayudha yang berkonspirasi untuk menggulingkan semua orang yang dipercaya raja, sehingga ia dapat mencapai posisi tertinggi dalam pemerintahan. Tetapi setelah kematian pemberontak terakhir (Kuti), Halayudha ditangkap dan dipenjara, dan kemudian dijatuhi hukuman mati. Wijaya wafat pada tahun 1309.

Putra dan penerus Wijaya adalah Jayanegara. Pararaton menyebutnya Kala Gemet, yang berarti "penjahat lemah". Kira-kira pada suatu masa pemerintahan Jayanegara, seorang pendeta Italia, Odorico da Pordenone mengunjungi istana Majapahit di Jawa. Pada tahun 1328, Jayanegara dibunuh oleh dokternya, Tanca. Ibu tirinya, Gayatri Rajapatni, seharusnya menggantikannya, tetapi Rajapatni memilih untuk mengundurkan diri dari istana dan menjadi biarawati. Rajapatni menunjuk putrinya Tribhuwana Wijayatunggadewi untuk menjadi ratu Majapahit. Pada 1336, Tribhuwana mengangkat Gajah Mada sebagai Mahapatih, pada saat pelantikannya, Gajah Mada mengambil Sumpah Palapa yang menunjukkan rencananya untuk memperluas kekuasaan Majapahit dan membangun monarki. Selama pemerintahan Tribhuwana, kerajaan Majapahit berkembang menjadi kepulauan yang lebih besar dan lebih terkenal. Tribhuwana memerintah Majapahit sampai kematian ibunya pada tahun 1350. Ia diteruskan oleh putranya, Hayam Wuruk.

Kemuliaan Majapahit


Sejarah Kerajaan Majapahit: Pembentukan Kerajaan Hingga Keruntuhannya

Hayam Wuruk, juga disebut Rajasanagara, memerintah Majapahit dari tahun 1350 hingga 1389. Pada masanya, Majapahit mencapai puncaknya dengan bantuan mahapati, Gajah Mada. Di bawah perintah Gajah Mada (1313-1364), Majapahit menguasai lebih banyak wilayah.

Wilayah Majapahit meliputi Sumatra, Semenanjung Melayu, Kalimantan, Sulawesi, kepulauan Nusa Tenggara, Maluku, Papua, Tumasik (Singapura), dan sebagian kepulauan Filipina. Sumber ini menunjukkan batas terluas serta puncak kemuliaan Kekaisaran Majapahit.

Namun, batas-batas alam dan ekonomi menunjukkan bahwa wilayah kekuasaan ini tampaknya tidak berada di bawah kekuasaan terpusat Majapahit, tetapi dihubungkan satu sama lain melalui perdagangan yang mungkin merupakan monopoli oleh raja. Majapahit juga memiliki hubungan dengan Campa, Kamboja, Siam, Burma selatan dan Vietnam, dan bahkan mengirim duta besarnya ke Cina.

Selain melancarkan serangan militer dan ekspedisi, Majapahit juga menggunakan diplomasi dan membentuk persekutuan. Mungkin karena alasan politik, Hayam Wuruk ingin menikahi Citraresmi (Pitaloka), putri Kerajaan Sunda sebagai ratu. Orang Sunda menganggap lamaran ini sebagai perjanjian persekutuan. Pada tahun 1357, rombongan raja Sunda bersama keluarga dan pengawalnya berangkat ke Majapahit untuk mengantarkan sang putri untuk dinikahkan dengan Hayam Wuruk. Namun, Gajah Mada melihat ini sebagai kesempatan untuk memaksa kerajaan Sunda menyerah di bawah Majapahit. Pertarungan antara keluarga kerajaan Sunda dan tentara Majapahit di ladang Bubat tidak terhindarkan. Meskipun dengan berani memberi perlawanan, keluarga kerajaan Sunda kewalahan dan akhirnya dikalahkan. Hampir seluruh kelompok keluarga kerajaan Sunda dapat dihancurkan dengan kejam. Tradisi mengatakan bahwa putri yang kecewa, dengan hati yang hancur melakukan "bela pati", bunuh diri untuk membela kehormatan negara.

Kisah Pasunda Bubat menjadi tema utama dalam naskah Kidung Sunda yang disusun pada zaman kemudian di Bali. Kisah ini disinggung di Pararaton tetapi tidak disebutkan sama sekali di Nagarakretagama.

Budaya istana yang bernilai, elegan, dan canggih, dengan selera seni dan sastra yang bagus dan tinggi, serta sistem ritual keagamaan yang rumit. Sang penyair menggambarkan Majapahit sebagai pusat dari mandala raksasa yang membentang dari Sumatra ke Papua, termasuk Semenanjung Melayu dan Maluku. Tradisi lokal di berbagai daerah di nusantara masih merekam cerita legenda tentang kekuatan Majapahit. Administrasi pemerintahan langsung oleh kerajaan Majapahit hanya mencakup wilayah Jawa Timur dan Bali, di luar daerah itu hanya semacam pemerintahan otonom yang luas, pembayaran upeti berkala, dan pengakuan kedaulatan Majapahit atas mereka. Namun, setiap pemberontakan atau tantangan terhadap perlawanan Majapahit terhadap daerah tersebut dapat mengundang reaksi keras.

Pada tahun 1377, beberapa tahun setelah kematian Gajah Mada, Majapahit melancarkan serangan angkatan laut untuk memadamkan pemberontakan di Palembang.

Meskipun penguasa Majapahit memperluas kekuasaan mereka ke berbagai pulau dan kadang-kadang menyerang kerajaan tetangga, perhatian utama Majapahit tampaknya adalah untuk mendapatkan porsi terbesar dan kontrol perdagangan di Nusantara. Pada saat itulah para pedagang Muslim dan penyebar Islam mulai memasuki daerah ini.

Keruntuhan Majapahit


Setelah mencapai puncaknya pada abad ke-14, kekuatan Majapahit secara bertahap melemah. Setelah kematian Hayam Wuruk pada tahun 1389, Majapahit memasuki periode kemunduran karena konflik atas takhta. Ahli waris Wuruk adalah putri mahkota Kusumawardhani, yang menikahi sepupunya sendiri, pangeran Wikramawardhana. Hayam Wuruk juga memiliki seorang putra dari selirnya Wirabhumi yang juga mengklaim haknya atas takhta. Perang saudara yang disebut Perang Paregreg diperkirakan terjadi pada 1405-1406, antara Wirabhumi dan Wikramawardhana. Perang ini akhirnya dimenangkan oleh Wikramawardhana, sementara Wirabhumi ditangkap dan kemudian dipenggal. Tampaknya perang saudara ini melemahkan kendali Majapahit atas wilayah-wilayah yang ditaklukkan di sisi lain.

Selama pemerintahan Wikramawardhana, serangkaian ekspedisi laut Dinasti Ming yang dipimpin oleh Laksamana Cheng Ho, seorang jenderal Muslim Cina, tiba di Jawa beberapa kali antara 1405 dan 1433. Sejak 1430 ekspedisi Cheng Ho ini telah menciptakan komunitas Muslim Cina dan Arab di beberapa kota pelabuhan di pantai utara Jawa, seperti di Semarang, Demak, Tuban dan Ampel; kemudian Islam mulai memiliki pijakan di pantai utara Jawa.

Wikramawardhana memerintah hingga tahun 1426, dan dilanjutkan oleh putrinya, Ratu Suhita, yang memerintah dari tahun 1426 hingga 1447. Ia adalah putri kedua selir Wikramawardhana dari seorang selir yang juga putri kedua Wirabhumi. Pada 1447, Suhita meninggal dan pemerintah dilanjutkan oleh Kertawijaya, adik laki-lakinya.

Ia memerintah hingga 1451. Setelah Kertawijaya meninggal, Bhre Pamotan menjadi raja dengan gelar Rajasawardhana dan memerintah di Kahuripan. Dia meninggal pada tahun 1453 Masehi. Ada jeda tiga tahun tanpa raja karena krisis warisan. Girisawardhana, putra Kertawijaya, naik takhta pada tahun 1456. Dia kemudian meninggal pada tahun 1466 dan digantikan oleh Singhawikramawardhana. Pada 1468 sang pangeran Kertabhumi memberontak terhadap Singhawikramawardhana dan mengangkat dirinya sendiri sebagai raja Majapahit.

Ketika Majapahit didirikan, pedagang Muslim dan penyebar agama sudah mulai memasuki nusantara. Pada akhir abad ke-14 dan awal abad ke-15, pengaruh Majapahit di seluruh nusantara mulai berkurang. Pada saat yang sama, kerajaan perdagangan Islam baru yang didasarkan pada Kesultanan Malaka mulai muncul di bagian barat nusantara [23]. Di bagian barat kekaisaran yang mulai runtuh, Majapahit tidak bisa lagi menahan kebangkitan Kesultanan Malaka yang pada pertengahan abad ke-15 mulai menguasai Selat Malaka dan menyebarkan kekuatannya ke Sumatra. Sementara itu, sejumlah koloni dan menaklukkan daerah Majapahit di daerah lain di nusantara, satu demi satu mulai melepaskan diri dari kekuasaan Majapahit.

Budaya


Nagarakretagama menyebutkan budaya istana yang anggun dan elegan, dengan cita rasa seni dan sastra yang halus, dan sistem ritual keagamaan yang rumit. Acara utama dalam kalender administrasi negara diadakan setiap hari pertama Caitra (Maret-April) ketika semua delegasi dari semua wilayah taklukan Majapahit datang ke istana untuk membayar upeti atau pajak. Wilayah Majapahit secara sederhana dibagi menjadi tiga jenis: istana termasuk ibu kota dan daerah sekitarnya; daerah di Jawa Timur dan Bali yang dikepalai langsung oleh pejabat yang ditunjuk langsung oleh raja; dan menaklukkan wilayah di kepulauan yang menikmati otonomi luas.

Ibukota Majapahit di Trowulan adalah kota besar dan terkenal dengan perayaan keagamaannya yang besar yang diadakan setiap tahun. Agama Buddha, Siwa, dan Vaishnava (pemuja Wisnu) dipeluk oleh penduduk Majapahit, dan raja dianggap sebagai inkarnasi Buddha, Siwa, dan Wisnu. Nagarakertagama tidak menyebut Islam sama sekali, tetapi sangat mungkin bahwa ada beberapa pegawai atau pelayan istana Muslim pada waktu itu.

Meskipun batu bata telah digunakan di kuil-kuil di masa sebelumnya, arsitek Majapahit adalah yang paling ahli dalam menggunakannya. Kuil-kuil Majapahit berkualitas baik secara geometris menggunakan getah anggur dan gula merah sebagai perekat bata. Contoh candi Majapahit yang masih dapat ditemukan sampai sekarang adalah Candi Tikus dan Gerbang Bajang Ratu di Trowulan, Mojokerto.

Raja (Jawa) memiliki bawahan tujuh raja yang bermahkota. [Dan] pulau ini padat penduduk, itu adalah pulau terbaik kedua yang pernah ada. Raja pulau ini memiliki istana yang menakjubkan. Karena sangat besar, tangga dan interior ruangan dilapisi emas dan perak, bahkan atapnya dilapisi emas. Khan Besar Cina beberapa kali berperang dengan raja ini; tetapi selalu gagal dan raja ini selalu berhasil mengalahkannya.

Ekonomi


Majapahit adalah negara agraris dan juga negara dagang. Pajak dan denda dibayar tunai. Ekonomi Jawa telah akrab dengan mata uang sejak abad ke-8 selama kerajaan Medang yang menggunakan koin emas dan perak. Sekitar tahun 1300, pada masa pemerintahan raja pertama Majapahit, terjadi perubahan moneter penting: koin domestik diganti dengan koin "kepeng", yaitu koin tembaga yang diimpor dari Cina. Prasasti Canggu yang berasal dari 1358 menyebutkan 78 penyeberangan dalam bentuk kapal penyeberangan di negara itu (mandala Jawa). Prasasti-prasasti dari zaman Majapahit menyebutkan berbagai pekerjaan dan spesialisasi karier, mulai dari pengrajin emas dan perak, hingga penjual minuman, dan tukang daging. Meskipun banyak dari pekerjaan ini telah ada sejak zaman sebelumnya, proporsi penduduk yang mencari penghasilan dan mencari di luar pertanian meningkat di era Majapahit.

Mata uang dibuat dari campuran perak, timah putih, timah hitam, dan tembaga. Selain itu, catatan Odorico da Pordenone, seorang biarawan Katolik Roma dari Italia yang mengunjungi Jawa pada tahun 1321, menyatakan bahwa istana kerajaan Jawa dipenuhi dengan emas, perak, dan perhiasan.

Kemakmuran Majapahit diduga karena dua faktor. Faktor pertama; lembah sungai Brantas dan Bengawan Solo di dataran rendah Jawa Timur bagian utara sangat cocok untuk pertanian padi. Selama masa kejayaannya, Majapahit membangun berbagai infrastruktur irigasi, sebagian dengan dukungan pemerintah. Faktor kedua; Pelabuhan Majapahit di pantai utara Jawa cenderung memainkan peran penting sebagai basis pelabuhan untuk mendapatkan komoditas rempah-rempah Maluku. Pajak yang dikenakan pada komoditas rempah-rempah yang melewati Jawa adalah sumber pendapatan penting bagi Majapahit.

Nagarakretagama mengatakan bahwa ketenaran penguasa Wilwatikta telah menarik banyak pedagang asing, termasuk pedagang dari India, Khmer, Siam, dan Cina. Pajak khusus dikenakan pada orang asing terutama mereka yang tinggal secara semi-permanen di Jawa dan bekerja di luar perdagangan internasional. Majapahit memiliki pejabat sendiri untuk berurusan dengan pedagang dari India dan Cina yang menetap di ibukota kerajaan dan berbagai tempat lain di wilayah Majapahit di Jawa.

Politik


Kesultanan Islam Demak, Pajang, dan Mataram berusaha mendapatkan legitimasi atas kekuasaan mereka melalui hubungan dengan Majapahit. Demak mengungkapkan keabsahan keturunannya melalui Kertabhumi; pendirinya, Raden Patah, menurut kronik istana Demak dinyatakan sebagai putra Kertabhumi dan seorang Putri Cina, yang dikirim keluar dari istana sebelum ia melahirkan. Penaklukan Mataram atas Wirasaba pada tahun 1615 yang dipimpin langsung oleh Sultan Agung sendiri memiliki arti penting karena itu adalah lokasi ibu kota Majapahit. Istana Jawa Tengah memiliki tradisi dan silsilah yang berupaya membuktikan hubungan raja-raja mereka dengan keluarga kerajaan Majapahit - seringkali dalam bentuk makam leluhur, yang di Jawa merupakan bukti penting - dan legitimasi diasumsikan meningkat melalui hubungan ini. Bali khususnya mendapat pengaruh besar dari Majapahit, dan orang Bali menganggap diri mereka penerus sejati budaya Majapahit.

Penggerak nasionalisme Indonesia modern, termasuk mereka yang terlibat dalam Gerakan Kebangkitan Nasional di awal abad ke-20, merujuk ke Majapahit, selain Sriwijaya, sebagai contoh cemerlang dari masa lalu Indonesia. Majapahit kadang-kadang digunakan sebagai referensi untuk batas-batas politik Republik Indonesia saat ini. Dalam propaganda yang dilakukan pada tahun 1920-an, Partai Komunis Indonesia menyampaikan visinya tentang masyarakat tanpa kelas sebagai reinkarnasi dari Majapahit yang diromantisir. Seperti Majapahit, negara modern Indonesia mencakup wilayah yang luas dan secara politis berpusat di pulau Jawa. (Dikutip dari berbagai sumber).

Jufri Derwotubun

Saya hanyalah seorang pengembara yang suka berpetualangan, menulis, dan membaca alam semesta.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama